0

MENYELARASKAN DUNIA PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA

Posted by Unknown on 00.18
kode iklan

Lulus UN, Terus Kemana?

| 25 March 2013 | 23:03 Dibaca: 242   
“Lulus UN, terus Kemana? Mau Kuliah Apa kerja?” mungkin itu sedikit percikan pertanyaan sebagian siswa yang akan melalui UN atau bagi mereka yang telah melewati yang namanya UN atau Ujian Nasional.
Lulus UN adalah gerbang dimana pakaian seragam sekolah dilepaskan lalu menjadi manusia muda yang tak terpaku pada seragam lagi, oleh karenanya di sebagian besar Perguruan Tinggi tak menerapkan kewajiban seragam layaknya di bangku sekolah. Serta gaya belajarnya pun berbeda, lebih mandiri ketimbang masih di jaman sekolah yang adanya tuntunan dari Guru.

Lulus UN lalu Mau Kerja?

Saat ini sekolah sudah berkembang sedemikian hebatnya mengikuti perkembangan jaman. Munculnya Sekolah menengah Kejuruan (SMK) mulai menjadi daya tarik banyak masyarakat. Karena keahlian tertentu mulai diajarkan di sekolah ini ketimbang pengetahuan umum seperti di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan IPS, IPS, Bahasa dan tambahan lainnya.
1364198605479256487
Ilustrasi (dok. unived)
Nah, dengan adanya Keahlian di bidang tertentu akan mempercepat proses kerja setiap insan di bumi Nusantara ini, hal ini juga mungkin diharapkan dapat mengurangi pengangguran tanpa keahlian spesifik. Misalnya seorang siswa SMK yang berkeahlian Mesin, maka akan cukup banyak tempat yang bisa menampungnya bekerja atau bila mampu bisa membuka Bengkel atau hal usaha lain yang berhubungan.
Jika dulu sebagian orang harus menempuh titel Sarjana dulu untuk bisa disebut ahli, saat ini sudah cukup banyak para pemilik keahlian spesifik melalui SMK. Lihat saja saat SMK bisa membuat Robot, Merakit Laptop sampai yang banyak digaungkan adalah Mobil buatan anak SMK.
Mungkin sebuah proses yang wajar jika sinar SMK sepertinya lebih memancar di dunia pendidikan menangah atas daripada SMA. Promosi Pemerintah pun tentang SMK cukup gencar, hingga muncul Jargon SMK Bisa! Dengan SMK mungkin memang cukup membantu mengurangi beban pengangguran di muka Bumi Nusantara ini. Namun, seorang lulusan bukan SMK yakni SMA atau MA (Madrasah Aliyah) pun sebenarnya bisa bekerja jika ditunjang dengan mental dan kemauan. Secara umum memang lulusna SMA/MA untuk bisa ahli di satu bidang layaknya SMK perlu menempuh dunia Pendidikan berikutnya yakni di perguruan Tinggi.
13641986801827340366
Ilustrasi (dok.lamabaca)

Lulus UN, Pilih Kuliah?

Untuk sebagian yang masih punya kocek cukup untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi adalah anugerah. Namun sebagian ada menganggap Kuliah adalah Kuli-ah, maksudnya menjadi Kuli yang berucap “ah” pada alur perkuliahan hingga kadang mungkin mengurangi tata krama kepada Dosen atau pengajar. Oleh karenanya, Siswa yang berevolusi menjadi Mahasiswa kadang  terdengar Demo-nya yang seakan kata Maha dalam tambahan siswa adalah menjadi pemasok fikiran kedewasaan.
Terlepas dari hal yang kurang dalam sisi pendidikan seorang mahasiswa, jenjang Perkuliahan adalah hal baru bagi seseorang yang selama beberapa tahun patuh dengan seragam lalu berubah menajdi pekaian bebas (nan rapi tentunya). Dari sinilah sebuah keahlian diperlukan, karena setelah keluar tentu akan mendapat titel Sarjana dengan tambahan keahlian jurusan yang dipilihnya.

Memilih Kuliah Untuk Masa Depan

Memilih kuliah juga perlu dipikir matang-matang, jika asal sebagian orang biasanya terjadi alih juruan di tengah masa perkuliahannya. Memilih Juruan di jenjang Perguruan Tinggi sebenarnya adalah untuk masa depan, olah karenanya keahlian mulai kesukaan bidang tertentu perlu menjadi titik awal memilih jurusan.
Namun bukan hanya kesukaan pada bidang tertentu saja yang menjadi hal penting memilih jurusan, selayaknya juga adanya pandangan yang lebih jauh tentang jurusan yang akan diambil. Lebih jauh disini adalah peran serta yang akan diambil setelah lulus dari perkuliahan, jadi agar tetasan keringat hingga waktu yang terpakai untuk kuliah akan terbayar jika kita menjadi dihargai banyak orang atas kemampuan kita sebagai Sarjana yang memang benar kualifikasinya sesuai kebutuhan dunia.
Saya Sendiri dulu awalnya memilih Jurusan Informatika adalah karena adanya kesukaan pada komputer dan informasi, terlebih saat itu pula saya memilih dan mencari jurusan ini di berbagai perguruan tinggi karena adanya pandangan bahwa jurusan ini masih baru dan di masa akan datang akan sangat banyak dibutuhkan.

0 Comments

Copyright © 2014 Berbagi Info All rights reserved. Theme by Yoan Lintang. | Bloggerized by SMP N 1 Berbah.